Friday, February 26, 2016

Asal - Usul dan Kekuatan Black Panther

siapa-Black-Panther-marvel-adalah

Black Panther (T'Challa) adalah raja Wakanda, salah satu negara di dunia yang paling maju dalam bidang teknologi. Ia termasuk dalam daftar 8 orang  tercerdas di dunia, anggota veteran Avengers dan organisasi illuminati (organisasi mirip PBB namun didirikan oleh para superhero). Berbekal kekuatan super, kekuasaan dan kekayaannya, Black Panther bertekad mengabdikan dirinya untuk kemaslahatan segenap umat manusia.

Asal usul dalam komik

asal-usul-black-panther

Dahulu kala, Sebuah meteor berukuran besar yang mengandung mineral langka Vibranium jatuh di Wakanda. Raja pertama Wakanda, Black Panther Bashenga, memanfaatkan mineral tersebut untuk membangun negaranya. Beberapa ribu tahun kemudian, di bawah pemerintahan raja Black Panther T'Chaka, pencapaian negara Wakanda dalam bidang teknologi dan ekonomi jauh melebihi negara - negara lain.

Lihat Juga :

*) 5 Perbedaan Film ‘Captain America: Civil War’ Dengan Versi Komiknya

*) 9 Fakta Menarik Tentang Captain America Yang Mungkin Tidak Anda Ketahui

*) Menurut Robert Downey Jr., Ini Adegan Tersulit Ketika Berperan Sebagai Iron Man

*) Lihat Lebih Jelas Desain Armor ‘Bleeding Edge’Lewat Iron Man Hot Toys PPS Figure

 

T'Chaka menyembunyikan kemajuan Wakanda dari dunia luar, guna mencegah orang - orang serakah pencari keuntungan pribadi datang dan merusak negaranya. Istri pertama T'Chaka, N'Yami, meninggal ketika melahirkan anak semata wayang mereka, pengeran T'Challa. Beberapa tahun kemudian, seorang ilmuwan asal Belanda bernama Ulysses Klaw datang ke Wakanda, ia berhasil menciptakan senjata berbasis suara dari Vibranium dan menggunakannya untuk membunuh raja T'Chaka. Pangeran T'Challa, yang waktu itu masih anak - anak, mampu membelokkan senjata tersebut ke arah Klaw yang kemudian menghancurkan tangan kanannya. Klaw kabur dari Wakanda, mengekspos keberadaan negara ini ke dunia luar dan bertekad akan membalas dendam.

Pangeran T'Challa akhirnya resmi menjadi raja Wakanda setelah berhasil mengalahkan pamannya, raja S'Yan, dalam ritual tahunan yang memberikan kesempatan pada siapapun dari keluarga kerajaan untuk menjadi raja jika berhasil mengalahkan raja yang sedang berkuasa dalam pertarungan satu lawan satu. Mengingat raja yang sedang berkuasa memiliki kemampuan fisik manusia super setelah memakan rempah berbentuk hati khas Wakanda, kecil kemungkinan orang biasa mampu mengalahkannya, namun begitu, pangeran T'Challa berhasil mengalahkan sang raja setelah ia juga memakan rempah yang sama.

Latar belakang penciptaan karakter

Sejarah-cerita-tentang-black-panther-marvel-wiki

Karakter Black Panther diciptakan oleh Stan Lee dan Jack Kirby. Karakter ini muncul pertama kali dalam komik Fantastic Four #52 tahun 1966. Black Panther merupakan salah satu superhero berkulit hitam pertama dalam komik mainstream. Ia adalah superhero keturunan Afrika pertama dalam komik, sedangkan Falcon adalah superhero keturunan Afrika - Amerika pertama.

 

Kekuatan super

kekuatan-super-black-panther-marvel

Ketika akan menjadi kepala klan Panther dan raja Wakanda, T'Challa diharuskan untuk memakan rempah berbentuk hati khas Wakanda, yang nantinya akan meningkatkan kekuatan, ketahanan dan refleks tubuhnya. Rempah ini hanya boleh dimakan oleh keturunan kerajaan Wakanda, karena jika yang memakanya adalah orang biasa, maka bukannya meningkatkan kekuatan tubuh, rempah ini malah akan menjadi racun bagi tubuh mereka. Berikut daftar lengkap kekuatan super yang didapat setelah mengkonsumsi rempah berbentuk hati khas Wakanda :

Pengetahuan Black Panther - Sebagai info, semua raja Wakanda mendapat gelar 'Black Panther', T'Challa yang sudah memakan rempah khas Wakanda kini bisa mengakses semua pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki para Black Panther atau raja Wakanda terdahulu.

Ketangkasan dan kegesitan manusia super - Ketangkasan, kegesitan, keseimbangan dan koordinasi anggota tubuh juga meningkat berkat rempah khas Wakanda. Sebagai gambaran, kecepatan reaksi T'Challa jauh mengungguli para atlit olimpiade terhebat sekalipun, hal ini memungkinkan dirinya menghindari serangan musuh - musuhnya.

Indra manusia super - Ketajaman semua indra T'Challa juga meningkat. Berkat ini, ia mampu melihat dalam gelap dan mendengar suara dengan frekuensi yang tidak bisa didengar manusia normal. T'Challa mengingat ribuan bau dan mahir melacak bau - bauan. indra penciumannya sangat superior, ia bahkan dapat mendeteksi apakah orang sedang merasa takut atau berbohong hanya berdasarkan perubahan bau badan mereka.

Kekuatan fisik manusia super -  Kekuatan tubuhnya juga meningkat, T'Challa diketahui mampu mengangkat beban seberat 800 pon. Ia sering memperlihatkan kekuatannya dalam beberapa situasi, seperti ketika bergulat dengan seekor badak hingga mematahkan leher binatang bercula ini, melumpuhkan beruang kutub, menahan dorongan seekor gajah, bahkan membunuh dinosaurus jenis T-Rex walaupun tubuhnya kala itu dalam keadaan lemah. Namun begitu, tidak ada kejelasan mengenai batasan kekuatan fisik T'Challa.

Stamina manusia super - Berkat latihan selama bertahun - tahun ditambah efek rempah istimewa Wakanda, T'Challa memiliki  stamina yang jauh lebih besar dari manusia normal.

Ketahanan fisik manusia super - Ketahanan fisik T'Challa termasuk tinggi untuk ukuran manusia. Tubuhnya mampu menahan berbagai pukulan - pukulan mematikan. Efek rempah Wakanda digabung dengan baju berbahan Vibranium membuat ia mampu bertahan dari serangan berbahaya musuh - musuhnya. Selain itu, tubuhnya juga diketahui kebal berbagai penyakit, racun dan bakteri / virus.

Penyembuhan sel tubuh super cepat - Rempah istimewa juga menyebabkan fungsi penyembuhan tubuh T'Challa berada pada level maksimal.

Kecepatan manusia super - T'Challa juga diketahui mampu berlari / bergerak dengan kecepatan tinggi, lebih cepat dari manusia normal bahkan atlit olimpiade sekalipun.

 

Kemampuan / skill dan sumber daya yang dimiliki

kemampuan-Black-panther-marvel

Selain kekuatan super yang didapat dari rempah khas Wakanda, anak raja T'Chaka ini juga diketahui mempunyai berbagai kemampuan atau skill lain dan sumber daya yang melimpah. Berikut daftar lengkapnya :

Kecerdasan level jenius - T'Challa adalah seorang ahli dalam bidang taktik - strategi, fisika dan  mesin. Ia sudah dilatih ayahnya tentang taktik perang sejak kecil, ayahnya selalu mengingatkan untuk berpikir 2 langkah lebih jauh dari musuh - musuhnya dan 3 langkah lebih jauh dari teman - temannya. Keahliannya dalam hal taktik membuat ia mampu mengalahkan orang - orang yang tak kalah cerdas seperti : Reed Richards, Tony Stark dan Dr. Doom. Pengetahuannya dalam bidang fisika dan mesin membuat ia masuk dalam jajaran 8 orang tercerdas di dunia. Ia terbukti mampu menciptakan berbagai alat dan senjata berteknologi tinggi, T'Challa (bersama dengan Reed Richards) mampu membongkar dan memahami cara kerja bom dari dimensi lain yang mana diketahui bisa menghancurkan seluruh planet Bumi.

Ahli bela diri -  Sejak kecil, T'Challa sudah dilatih untuk menjadi seorang petarung. Ia diketahui ahli dalam berbagai jenis ilmu bela diri, baik bela diri dengan atau tanpa senjata. Ia adalah salah satu ahli bela diri  terbaik di dunia. Ia mampu mengimbangi bahkan mengalahkan beberapa superhero yang dikenal ahli bela diri seperti : Iron Fist, Captain America dan Daredevil. Dalam pertarungan satu lawan satu, ketika sedang berada dalam kondisi terbaiknya, ia mampu mengalahkan Captain Amerika hanya dengan beberapa gerakan saja dan menyudutkan Wolverine tanpa kesulitan sedikit pun.

Ahli menggunakan berbagai jenis senjata - T'Challa mampu menggunakan semua jenis senjata.

Ahli akrobat - T'Challa terlatih melakukan gerakan - gerakan akrobatik.

Ahli membidik sasaran - T'Challa sangat ahli dalam membidik sasaran, baik menggunakan pisau ataupun senjata api.

Ahli taktik - Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, berkat kecerdasan yang dimiliki, T'Challa ahli dalam menyusun taktik dan strategi. Ia diajarkan untuk selalu berpikir 2 langkah lebih jauh dari lawan dan 3 langkah lebih jauh dari kawan.

Ahli melacak dan seorang pemburu handal - Berkat indra supernya, ia dikenal sebagai pelacak dan pemburu yang hebat. Ia bisa dengan mudah mendeteksi bau dan mengingat ribuan jenis bau - bauan.

Mahir berbagai jenis bahasa - Selain merupakan orang yang terpelajar, T'Challa juga diketahui menguasai berbagai jenis bahasa.

Mampu menciptakan berbagai jenis alat dan mesin - Walaupun mungkin tidak sehebat Tony Stark, kemampuan T'Challa dalam membuat berbagai jenis alat dan mesin patut diperhitungkan. Sebagai gambaran, ia mampu meniru / membuat tiruan sebuah alat atau mesin hanya dengan melihat desainnya secara sekilas.

Memiliki berbagai koneksi berpengaruh – Sebagai raja negara Wakanda, T’Challa memiliki hak akses terhadap berbagai macam koleksi artifak magis, teknologi dan peralatan militer, serta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Wakanda seperti : ilmuwan, petualang dan para superhero.

Kekebalan diplomatik – Sebagai raja sebuah negara, T’Challa mendapat kekebalan diplomatik ketika mengunjungi negara lain untuk urusan politik.

Kekayaan melimpah – T’Challa adalah anggota keluarga kerajaan, ia memiliki hak akses terhadap cadangan kekayaan yang melimpah.

 

Persenjataan dan peralatan

persenjataan-black-panther

Sebagai anggota keluarga kerajaan, T'Challa mempunyai akses terhadap berbagai jenis teknologi tercanggih di dunia. Sebagai seorang petarung yang percaya diri, ia biasanya hanya mengandalkan kecerdasan dan keahlian bela dirinya, namun pada situasi tertentu, ia tidak segan - segan menggunakan senjata. Berikut daftar lengkap persenjataan dan peralatan yang dimiliki :

Baju tempur Vibranium - Baju ini dapat menghentikan momentum pukulan dan peluru - akibatnya, peluru tidak memantul tapi langsung jatuh ke tanah. Pemakai baju ini kebal tusukan benda tajam selama tidak diserang pada bagian serat baju. Baju Vibranium ditambah ketahanan fisik sang Black Panther diketahui mampu menahan pukulan keras Hulk.

Cakar terbuat emas dan Vibranium - Cakar yang mampu memotong berbagai jenis benda keras.

Pisau energi - Pisau dari energi. Pemakai bisa mengatur tingkat energi yang dihasilkan, menembakkan sinar, mampu memotong berbagai benda keras. Senjata ini juga bisa ditembakkan seperti peluru. Senjata ini adalah yang paling sering digunakan pada pertarungan dengan senjata.

Sepatu Vibranium - Sepatu ini memungkinkan penggunanya untuk mendaki tempat tinggi dengan mudah. Kemampuan sepatu ini ditambah refleks Black Panther yang luar bisa membuat ia mampu melompat dan mendarat dari tempat yang tinggi tanpa terluka. Selain itu, sepatu ini juga memungkinkan penggunanya berjalan di atas air dan menempel pada tembok.

Berbagai jenis peluru - T'Challa diketahui memiliki peluru  berbahaya dan tidak berbahaya (biasanya terbuat dari gelatin atau karet) yang biasanya ditembakkan dari sarung tangannya. Namun, kadang peluru ini juga ditembakkan dari cakarnya atau pisau energi.

Pedang Ebony (kayu hitam) - T'Challa memiliki pedang ebony 'The Black Knight' yang ia gunakan dalam pertarungan.

Senjata lain - Pedang, tombak, panah, perisai dan senjata tajam lainnya. Berbagai jenis senjata api dan senjata lain untuk jarak dekat, berbagai jenis senjata berteknologi tinggi seperti 'Power Glove'.

Perisai energi - Perisai yang terbuat dari energi, produk teknologi Wakanda.

Jubah khusus - Jubah ini bisa memanjang, memendek, bahkan menghilang hanya dengan kontrol pikiran. Hebatnya lagi, jubah ini bisa membuat pemakainya tidak terlihat.

Kimoyo Card - Komputer portabel / PDA berkemampuan tinggi diciptakan oleh T'Challa sendiri. Komputer ini mampu mengakses bahkan meretas berbagai program komputer melalui satelit milik Wakanda. Fungsinya hampir mirip dengan alat communicards milik Avengers namun memiliki aplikasi - aplikasi yang lebih praktis.

Teleporter - Teknologi asal Wakanda, disematkan pada gauntlet (sarung tangan) baju tempur Black Panther. Alat ini memungkinkan sang pemakai untuk melakukan teleportasi dalam jarak dekat.

 

Fitur dan kemampuan kostum Black Panther (baju tempur Vibranium)

Black-panther-vibranium-suit

Ketika seseorang diangkat menjadi raja / pemimpin klan Panther, ia akan diberikan sebuah simbol tahta kerajaan dalam bentuk pakaian Panther yang dibuat dari Vibranium. Pakaian ini memiliki kemampuan menyerap getaran melalui jahitan / tenunan Vibraniumnya. Ditambah lagi, pakaian ini juga mampu meredam berbagai serangan berbasis gerak seperti tembakan peluru, tusukan pedang dan hantaman keras. Lensa pada topeng meningkatkan kemampuan melihat dalam gelap (night vision) yang dimiliki pemakainya, membuat ia mampu melihat dengan sinar infra-red dan berbagai spektrum visual lain. Terakhir, pakaian ini juga memiliki fitur cloaking technology (fitur yang bisa membuat si pemakai tidak terlihat).

 

Daftar film dan serial TV yang menampilkan karakter Black Panther

Karakter Black Panther memang tidak terlalu populer di kalangan penonton film secara umum. Namun begitu, bukan berarti karakter superhero asal afrika ini tidak pernah muncul di luar media komik. Diketahui ada beberapa film atau serial TV yang sudah dan akan menampilkan karakter ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa kemunculan karakter Black Panther dalam lanjutan film Captain Amerika berperan besar dalam menumbuhkan minat dan rasa penasaran para penikmat film superhero terhadap karakter yang satu ini. Bagi anda yang ingin mengenal lebih jauh karakter superhero berkostum Vibranium ini tapi malas membaca komiknya, bisa menonton film dan serial TV yang sudah atau akan tayang di bawah ini.

1. Ultimate Avengers 2 (2006)

ultimate-avengers-2

Sinopsis : Ketika tersiar kabar bahwa  pasukan alien Chitauri mendarat di negara  Wakanda, para anggota Avengers mencoba menyusup ke dalam negara maju tersebut untuk melakukan investigasi.

2. Black Panther TV Series (2010)

serial-tv-black-panther

Sinopsis : Black Panther adalah raja dan pelindung negara Afrika Wakanda. Berbekal teknologi, kecerdasan dan kemampuan bela dirinya yang luar biasa, ia harus melindungi negaranya dari invasi yang dipimpin Ulysses Klaw, orang yang telah membunuh ayahnya.

3. Captain America : Civil War (2016)

black-panther-civil-war

Sinopsis : Campur tangan politik dalam aktivitas Avengers menyebabkan terjadinya perpecahan antara Captain America dan Iron Man.

4. Black Panther (2018)

Black-panther-film

Sinopsis : T'Challa, seorang pangeran kerajaan Wakanda, harus bangkit dan mengambil alih peran sebagai Black Panther setelah sang ayah, raja Wakanda, dibunuh secara licik.

No comments:

Post a Comment