Sunday, May 29, 2016

10 Anggota Justice League Terkuat

justice-league-of-america

Pernahkah anda bertanya siapa superhero terkuat di Justice League ? Kami yakin, sebagian besar dari kita pernah menanyakan hal ini, meski hanya dalam hati. Ada yang bilang jawabannya adalah Superman, dan sebagian lain mengatakan jawabannya adalah Batman, bahkan ada yang berkeyakinan bahwa setiap anggota mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing, jadi pertanyaan siapa yang terkuat tidaklah penting. Jika anda ingin tahu siapa anggota Justice League terkuat versi kami, bacalah artikel ini sampai selesai.

Justice League dihuni oleh para superhero terhebat DC Universe. Bersama – sama, mereka menghadang berbagai ancaman super masif, yang hanya bisa di atasi dengan kerja sama tim.

Setiap karakter memiliki kelebihan dan kekurangan masing – masing. jadi, memang sulit menentukan siapa yang terkuat.

Meski begitu, kami tetap mencoba membuat daftar yang menampilkan sepuluh superhero anggota Justice League yang menurut kami layak disebut ‘terkuat’. Berikut daftarnya :

10. Wonder Woman

Wonder-Woman

Wonder Woman tidak hanya dikenal sebagai salah satu superhero wanita pertama dalam sejarah (memulai debut tahun 1941), ia juga adalah salah satu karakter yang komiknya paling konsisten diterbitkan. Ia merupakan puteri sekaligus pejuang Amazon, yang dikaruniai kekuatan oleh para dewa yunani.

Di antara sekian banyak superhero anggota Justice League, Wonder Woman adalah petarung terbaik. Hanya Batman yang kemungkinan mampu mengimbangi kemampuan bela dirinya.

Selain kemampuan bela diri, kekuatan fisik Wonder Woman mendekati level Superman. Jadi, Superman harus berhati – hati jika berhadapan dengannya, karena lengah sedikit saja, akibatnya bisa fatal.

Wonder-Woman2

Kemampuan bela diri, kekuatan fisik, lalu ditambah berbagai senjata yang dibuat sendiri oleh dewa Hephaestus, jadilah sang pejuang wanita asal Amazon ini lawan yang sangat tangguh. Bahkan Superman harus sangat fokus ketika berhadapan dengan Wonder Woman dan berbagai senjatanya, karena senjata – senjata ini mampu merobek kulit superman yang terkenal sulit dilukai.

9. Green Lantern

Green-Lantern-2

Green Lantern Corps adalah kesatuan polisi antar galaksi yang beranggotakan para Green Lantern. Jadi, para Green Lantern ini adalah ibarat para polisi yang bertugas di seantero galaksi. Kekuatan Green Lantern berasal dari sebuah cincin, yang menggunakan energi tekad sang pengguna untuk merubah berbagai pikiran dan imajinasi menjadi benda nyata. Apapun bisa jadi kenyataan, yang membatasi hanya imaginasi sang Green Lantern sendiri.

Kreatifitas cukup berpengaruh delam menggunakan kekuatan cincin Green Lantern. Orang kreatif bisa memanfaatkan kekuatan cincin tanpa banyak menghabiskan energi, yang tentunya sangat berguna dalam pertempuran.

Cincin Green Lantern juga diketahui bisa menghasilkan energi tertentu, lengkap dengan ciri khasnya. Fungsi yang sangat bermanfaat ketika ingin menciptakan energi radiasi kryptonite jika ingin mengalahkan Superman.

Green-Lantern

Selain itu, cincin Green Lantern juga memungkinkan penggunanya melakukan perjalanan antar galaksi dengan cepat, menerjemahkan berbagai bahasa, dan bertahan dalam lingkungan apapun.

Selain kekuatan yang tak terbatas, cincin Lantern juga memungkinkan penggunanya mengakses pusat informasi terbesar di seluruh alam semesta, Book of Oa.

Kelemahan terbesar Green Lantern terletak pada orang yang menggunakan cincin lantern. Jika digunakan dengan benar, pengguna cincin lantern bisa melakukan hampir apa saja. Namun, anehnya, sebagian besar Green Lantern tidak menggunakan kekuatan cincin ini dengan penuh.

8. Flash

Flash

Flash adalah manusia tercepat di dunia, mampu mengakses kekuatan tak terbatas ‘Speed Force’. Meski tidak sekuat Superman atau Wonder Woman, kemampuannya bergerak dengan kecepatan tinggi, meningkatkan kekuatan pukulannya secara signifikan. Ia mampu bergerak sepersekian atto detik. Sebagai gambaran, perbandingan satu atto detik dengan satu detik adalah seperti satu detik dengan umur alam semesta. Hal ini membuat kecepatan Flash hampir mustahil diukur.

Dalam kisah – kisah Justice League, Flash adalah salah satu karakter yang potensinya tidak digunakan secara penuh. Maksudnya, sebagai superhero dengan kekuatan yang mampu merubah alur cerita (seperti dalam cerita ‘Flashpont Paradox’), karakter ini memang sering kali dikesampingkan ketika bersama anggota Justice League lain. Berhubung Justice League adalah sebuah tim, maka kekuatan penuh Flash memang jarang diperlihatkan demi menjaga keseimbangan fokus cerita.

Flash-2

Sekilas, Flash memang terlihat seperti superhero yang hanya bisa bergerak dan berlari dengan kecepatan super. Nyatanya tidaklah demikian, Flash lebih dari sekedar memiliki kecepatan, ia memiliki kekuatan lain yang tak kalah dahsyat.

Flash mampu memanipulasi waktu, ia bisa melihat masa depan yang belum terjadi. Hal ini memungkinkannya memilih bagaimana sebuah peristiwa akan terjadi.

Selain itu, Flash mampu mentransfer kecepatan supernya pada orang lain, memukul hampir secepat kecepatan cahaya, menciptakan objek dengan materi yang terbentuk berkat kecepatan supernya, berlari di atas air, menembus benda padat, dan masih banyak lagi.

Ada beberapa orang yang pernah menggunakan nama Flash. Di antaranya : Jay Garrick, Barry Allen (karakter yang paling populer), dan Wally West. Wally West bisa dibilang adalah Flash terkuat, ia mampu melintasi waktu dan ruang hanya dengan kekuatannya sendiri.

7. Martian Manhunter

Martian-Manhunter

Martian Manhunter datang dari planet Mars. Dalam cerita new 52, J’onn J’onzz (nama asli Martian Manhunter) melakukan perjalanan ke Bumi demi sebuah ritual atau ceremoni, guna merasakan bagaimana rasanya sendirian. Namun, ketika J’onzz pulang, tempat tinggalnya sudah habis terbakar dan ia tak mampu berkomunikasi secara telepati dengan siapapun. Sejak saat itu, J’onn J’onzz adalah satu – satunya ras Mars berkulit hijau yang masih tersisa. Dalam versi cerita sebelumnya, J’onzz adalah seorang polisi penjaga perdamaian (Martian Manhunter); Ia memiliki kemampuan bertarung mumpuni dan adalah seorang detektif handal.

Kekuatan J’onzz merupakan yang paling beragam, di antaranya adalah telepati, berubah bentuk, terbang, dan kekuatan fisik. Ia termasuk mahluk terkuat di Bumi, menyaingi level kekuatan Superman. Bersama dengan Superman dan Wonder Woman, ia bahkan pernah menggeser posisi planet Bumi.

Martian-Manhunter-2

Kemampuan telepati Martian Manhunter sangat powerful. Ia bisa membaca pikiran, berkomunikasi jarak jauh secara telepati, dan menciptakan ilusi. Yag lebih hebat lagi, ia dapat mengendalikan dan mendominasi pikiran musuhnya.

J’onzz juga termasuk orang yang cerdas, walaupun mungkin tidak lebih cerdas dari Batman, dan merupakan salah satu anggota Justice League yang paling bijaksana.

Keragaman kekuatan yang dimiliki Martian Manhunter, menjadikannya salah satu superhero DC yang patut diperhitungkan. Sayang, kelemahannya terhadap api sangat mudah dieksploitasi jika diketahui musuh.

6. Shazam

Shazam-3

Ketika remaja bernama Billy Batson berkata ‘Shazam’, sebuah petir dengan kekuatan dahsyat menyambar dan merubahnya menjadi seorang superhero dewasa, Shazam / Captain Marvel. Sebagai Shazam, Billy dikaruniai kekuatan 7 tokoh legendaris yunani berikut :

Solomon – Billy mendapat kebijaksanaan dan ilmu pengetahuan Solomon, membuatnya mampu berbicara dalam berbagai bahasa, memiliki ingatan yang kuat, pandai dalam hal taktik dan strategi perang, dan lain - lain.

Hercules – Billy mendapat kekuatan tubuh hercules, yang mana menyaingi kekuatan Superman. Saking kuatnya, ketika menjadi Shazam, ia sering menurunkan level kekuatannya agar tidak menimbulkan kerusakan.

Atlas – Billy dikaruniai stamina Atlas yang tak terbatas. Ia tidak merasa lelah atau perlu makan ketika sedang menjadi Shazam.

Zeus – Billy mendapat kekuatan Zeus yang luas, di antaranya adalah kekuatan petir, sihir, penyembuhan, dan masih banyak kekuatan lain yang belum diketahui.

Achilles – Billy dikaruniai kepercayaan diri dan keberanian Achilles – menjadikannya pahlawan tak gentar melawan siapa pun.

Mercury – Billy mendapat kecepatan dan kemampuan terbang Mercury. Kecepatannya disebut – sebut menyaingi Flash dan melebihi Superman. Selain kecepatan dan terbang, Billy juga bisa melakukan teleportasi.

Shazam

Selain berbagai kekuatan yang kami sebutkan di atas, Shazam juga memiliki kekuatan lain, baik yang sudah diketahui ataupun belum. Batas atau level kekuatannya pun sampai sekarang belum diketahui dengan jelas, yang mana menjadikannya sosok yang layak berada dalam daftar anggota Justice League terhebat.

5. Supergirl

Supergirl

Sepupu Superman, Kara Zor-El, melakukan debutnya tahun 1959 sebagai sidekick wanita Superman. Namun, hal itu tidak berlangsung lama, Supergirl akhirnya bisa berdiri sendiri sebagai karakter. Sejauh ini, ada beberapa versi Supergirl, yaitu Linda Danvers, Cir-El, dan Kara Zor-El. Dari tiga versi tersebut, Kara Zor-El adalah yang paling populer.

Supergirl-2

Sebagai alien dari Krypton, Supergirl memiliki semua kekuatan Superman, seperti terbang, penglihatan panas, penglihatan x-ray, dan napas es. Bahkan, beberapa villain pernah mengatakan bahwa Supergirl lebih kuat dari sepupunya, tapi hal ini sulit dibuktikan, berhubung Superman selalu menahan diri.

Karena dalam daftar ini kami mencantumkan Superman sebagai salah satu anggota Justice League terkuat, maka otomatis sang sepupu dari Krypton ini juga termasuk di dalamnya.

4. Superman

Superman-2

Tidak bisa dipungkiri lagi, Superman adalah salah satu superhero paling terkenal di dunia, dan tentunya termasuk dalam daftar yang terkuat. Karakter ini melakukuan debutnya tahun 1938 dan mendapatkan judul komiknya sendiri satu tahun kemudian. Ia adalah alien asal Krypton, tubuhnya mampu menyerap energi bintang bercahaya kuning, termasuk Matahari Bumi, yang mana memberikannya berbagai kekuatan super.

Dari segi kekuatan fisik, stamina, dan ketahanan, tidak ada anggota Justice League yang bisa melebihi Superman.

Kecepatannya, walaupun tidak melebihi Flash, namun tetap saja patut diperhitungkan.

Penglihatan panas Superman bisa mencapai 6000 derajat fahrenheit, hampir mampu melelehkan semua benda di Bumi.

Superman

Ketika Doomsday melawan anggota Justice League, sang monster mampu melumpuhkan mereka tanpa kesulitan berarti. Wonder Woman dan Martian Manhunter contohnya, dua superhero yang memiliki kekuatan fisik dianggap mendekati Superman ini, ternyata tumbang hanya dengan satu pukulan dari Doomsday. Sangat jauh berbeda ketika Doomsday bertarung dengan Superman, yang mana berlangsung selama kurang lebih setengah jam, saling bertukar pukulan mematikan yang mampu meretakkan Bumi.

Superman adalah anggota Justice League terkuat dari segi kekuatan fisik dan ketahanan, namun alien asal Krypton ini lebih sering menahan diri, hingga kadang terlihat tidak sekuat yang sebenarnya.

3. Zatanna

Zatanna-2

Zatanna melakukan debutnya tahun 1964 dan adalah seorang pesulap panggung yang sukses. Ia adalah keturunan pesulap / penyihir, maka tak heran, Zatanna menjelma menjadi salah satu penyihir terkuat di DC Universe. Ketika menggunakan sihirnya, ia mengucapkan mantra secara terbalik.

Dengan sihirnya, Zatanna bisa melakukan banyak hal, seperti menghentikan waktu, menggerakkan benda, teleportasi, dan menembakkan energi mistis. Tapi, dari sekian banyak kemampuan yang dimiliki, yang paling powerful adalah kemampuan Zatanna memanipulasi realita. Selain itu, Zatanna juga bisa membaca pikiran dan menghapus ingatan orang.

Sebagai penyihir, ia sering berinteraksi dengan penyihir terkuat DC lainnya, seperti Doctor Fate, Madame Xanadu, dan Shazam.

Zatanna

Menurut Green Arrow, Zatanna adalah anggota terkuat Justice League, sebuah pendapat yang cukup masuk akal jika melihat kekuatan sihir wanita ini. Selain harus berbicara terbalik, kekuatan Zatanna hampir tak ada titik lemahnya.

Walaupun ada banyak penyihir dan praktisi supranatural lain, para anggota Justice League biasanya meminta bantuan Zatanna jika berhadapan dengan masalah yang berhubungan dengan sihir, hal ini menunjukkan bahwa penyihir wanita ini memang bisa diandalkan.

2. Captain Atom

Captain-Atom

Awalnya, Nathaniel Adam hanyalah seorang tentara angkatan udara biasa, sampai akhirnya ia berpartisipasi dalam sebuah eksperimen militer, yang merubah susunan molekul / atom tubuhnya dan menjadikan Adam sosok mahluk dengan kekuatan berbasis atom. Kulit silvernya, yang menyatu dengan logam alien, terhubung dengan medan kuantum (Quantum Field), yang memungkinkan dirinya menyerap dan memanipulasi energi. Ia mampu menciptakan apa saja, termasuk replika planet Bumi, lengkap dengan mahluk hidupnya.

Captain Atom dapat menyerap energi dalam jumlah tak terbatas, dan menembakkan / memancarkan energi tersebut. Ia juga bisa meledakkan dirinya seperti bom dan melepaskan energi dalam jumlah besar pada satu waktu. Kekuatan tubuhnya menyaingi level kekuatan Superman. Dalam New 52 Universe, kekuatan Captain Atom terhubung dengan energi nuklir, bukan medan kuantum.

Captain-Atom-2

Captain Atom versi New 52 atau sebelumnya memiliki kekuatan ‘Reality Warping’. Reality Warping adalah kemampuan memanipulasi realita, salah satu kekuatan super dengan level paling tinggi. Orang yang memiliki kekuatan super ini mampu merubah benda dan energi, membuat apa yang diinginkan atau dipikirkan menjadi kenyataan, memanipulasi ruang dan waktu, dan merubah hukum fisika. Wow, Sangat dahsyat, bukan ?

Captain Atom pernah menciptakan alam semesta, lengkap dengan para superhero versinya sendiri, seperti Superman, Flash, Batman, Wonder Woman, dan lain – lain. Namun, entah kenapa, ia akhirnya menghancurkan dunia ciptaannya itu.

Saking kuatnya, Superhero berkulit silver ini diketahui sering menahan diri. Ia biasanya menurunkan level kekuatannya, dari level alam semesta ke level planet saja.

1. Doctor Fate

Doctor-Fate-2

Doctor Fate adalah nama yang digunakan berbagai karakter yang mendapatkan kekuatan dari Nabu, seorang penyihir sakti dari planet Cilia. Orang pertama yang menjadi Doctor Fate adalah Kent Nelson, ia membebaskan Nabu ketika sedang melakukan ekplorasi bersama ayahnya.

Sebagian besar kekuatan Doctor Fate berasal dari helm mistis ‘Helmet of Fate’, tanpa helm ini, Kent Nelson hanya memiliki sedikit kekuatan, seperti kebal, telekinesis, abadi, dan terbang.

Doctor-Fate

Doctor Fate adalah anggota Justice League terkuat. ia memiliki daftar panjang kekuatan menakjubkan. Di antaranya : hipnotis, bisa tak terlihat, terbang, menciptakan ilusi, telepati, teleportasi, telekinesis, abadi, kebal, perjalanan waktu, perjalanan antar dimensi, faktor penyembuhan, menembus benda padat, astral projection (berpisah ruh dari badan), bahkan membangkitkan orang yang sudah mati. Masih banyak kekuatan – kekuatan mistis lain yang dimilki Doctor Fate, yang akan terlalu panjang jika disebutkan di sini.

Pendapat anda ?

Bagaimana menurut anda ? Apakah anda setuju dengan daftar kami ? Sampaikan pendapat anda lewat kolom komentar ya.

8 comments:

  1. Replies
    1. Dr. Manhattan g masuk karena bukan anggota Justice League bro.

      Delete
    2. Oh iya ya, doi masuk watchmen hedehh

      Delete
  2. Replies
    1. Ya, Batman nggak masuk. Karena kami menilainya berdasarkan level kekuatan super (atau kekuatan sihir) masing-masing karakter.
      Kalau penilaiannya berdasarkan faktor lain, mungkin saja Batman bisa masuk. Tentunya, daftar yang kami buat ini sifatnya subyektif.
      Jadi, anda boleh setuju atau tidak. Oh ya, meski Batman tidak punya kekuatan super, ternyata dia bisa mengalahkan anggota Justice League
      lain, lho. Baca bagaimana Batman melakukannya di sini

      Delete
  3. Replies
    1. Ya, Batman nggak masuk. Karena kami menilainya berdasarkan level kekuatan super (atau kekuatan sihir) masing-masing karakter.
      Kalau penilaiannya berdasarkan faktor lain, mungkin saja Batman bisa masuk. Tentunya, Daftar yang kami buat ini sifatnya subyektif.
      Jadi, anda boleh setuju atau tidak. Oh ya, meski Batman tidak punya kekuatan super, ternyata dia bisa mengalahkan anggota Justice League
      lain, lho. Baca bagaimana Batman melakukannya di sini

      Delete